DIKNAS RI - SMAN 3 Unggulan Kayuagung Web IntraNet SMAN 3 Unggulan Kayuagung ROHIS SMAN 3 Unggulan Kayuagung JARDIKNAS - SMAN 3 Unggulan Kayuagung Web KAB. OKI Sumatera Selatan - SMAN 3 Unggulan Kayuagung
Posted by : LUKMAN ADIANSYAH Rabu, 05 Desember 2012

Percobaan yang dilakukan Tinbergen dan Lorenz membuktikan perilaku innate (bawaan) didapatkan melalui proses belajar .


Perilaku sebagai Akibat dari Pengaruh Genetis dan Faktor Lingkungan

1. INNATE ::
Merupakan suatu potensi terjadinya perilaku yang telah ada di dalam suatu individu . prilaku ini timbul sebagai bawaan sejak lahir . sehingga bersifat genetis (diturunkan) .

2. INSTING ::
Insting adalah perilaku innate yang terdapat beberapa perilaku insting hasil pengalaman , belajar , adapula yang faktor keturunan .

3. Pola Aksi Tetap (FAPs = Fixed Action Paterns) ::
Merupakan suatu perilaku stereotipik yang disebabkan oleh adanya stimulus yang spesifik . >> seekor induk ayam memberi makan anaknya yang baru menetas dengan melihat mulut anaknya yang terbuka .

Tipe dan Karakter Belajar

1. Habituasi :>
Perilaku belajar yang paling sederhana . hilang atau timbulnya respons kepada stimulus setelah pengulangan suatu perlakuan . >> seekor anjing bila dipukul perlahan berulang kali tidak menoleh atau menghiraukan pukulan itu , tapi jika esok hari nya anjing tersebut dipukul lagi maka akan memberi respons . ini lah yang disebut proses pembelajaran .
2. Imprinting :>
Pengenalan terhadap satu objek seperti induk , hal tersebut terjadi pada suatu periode kritis sesaat setelah lahir . >> anda memberi makan seekor angsa kemudian angsa itu menganggap anda seperti induknya walau ia tahu induk nya yang asli . dan angsa itu akan terus mengikuti anda .
3. Asosiasi / pengkondisian :>
Perilaku yang disebabkan oleh suatu hasil dari suatu respons terhadap kondisi kondisi tertentu . kondisi nya disebut stimulus . respons karena adanya stimulus .
Ada yang disebut Perilaku asosiatif yaitu hasil percobaan Ivan Pavlov . >> Jika waktu makan pada anjing diberi tanda dengan membunyikan bel , saat itu anjing menegluarkan saliva , sesaat kemudian bila bel yang sama berbunyi walau tidak ada makanan , anjing tetap mengeluarkan saliva nya .
Pengkondisian Operant yaitu hasil kondisi yang disebut mencoba coba . >> seekor serigala yang menyerang landak menderita di bagian wajah nya .
4. Imitasi :>
Perilaku yang diakibatkan karena adanya proses pengamatan dan meniru individu lain .
5. Inovasi :>
Perilaku yang timbul karena terjadinya respons terhadap suatu keadaan baru tanpa mencoba coba atau imitasi . dikatakan juga sebagai problem solving .


Pola hidup yang berulang ulang setiap hari , seperti siklus tidur / bangun pada makhluk hidup disebut Ritme Sikardian (Cycardian Rythms) .
Terjadinya pergerakan khusus karena adanya aksi atau stimulus sehingga suatu organisme bergerak , yaitu ::
1.) Kinesis = Suatu perubahan acak dalam kecepatan dan atau arah dari suatu organisme sebagai respons terhadap suatu stimulus . >> pergerakan karena terjadinya kondisi lingkungan yang tidak sesuai .
2.) Taksis = Pergerakan yang dapat ke arah stimulus atau menjauhi stimulus .
3.) Kelompok = Pergerakan secara berkelompok yang terjadi pada banyak hewan disebut migrasi .

Perilaku Sosial (Social Behavior)
~ Agonistik :: Perilaku agresif yang pada dasarnya dilakukan untuk bertahan hidup . >> Perilaku ular .
~ Teritori :: Perilaku untuk mempertahankan daerah edar atau teritori merupakan suatu usaha organisme untuk mempertahankan tempat sumber makanan , dll .
~ Altruistik :: Perilaku ini banyak dilakukan oleh hewan yang hidup berkoloni . "perilaku non egois" .

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Good Day -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -