DIKNAS RI - SMAN 3 Unggulan Kayuagung Web IntraNet SMAN 3 Unggulan Kayuagung ROHIS SMAN 3 Unggulan Kayuagung JARDIKNAS - SMAN 3 Unggulan Kayuagung Web KAB. OKI Sumatera Selatan - SMAN 3 Unggulan Kayuagung
Posted by : LUKMAN ADIANSYAH Selasa, 18 Maret 2014

Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan persoalan yang memungkinkan orang tersebut memecahkan ide yang asli atau menghasilkan suatu yang adaptis (fungsi kegunaan) yang secara penuh berkembang. Kreativitas dan kecerdasan seseorang terkandung pada kemampuan mental yang berbeda-beda. Kreativitas menurut J.P. Guilford disebut berpikir divergen, yaitu aktivitas mental yang asli, murni dan baru, yang berbeda dari pola pikir sehari-hari dan menghasilkan lebih dari satu pemecahan persoalan.
Kreativitas juga dapat diartikan sebagai kemampuan menghasilkan ide-ide kreatif yang berakhir pada proses dimana terjadinya suatu perubahan. Perubahan yang dihasilkan dapat berupa perubahan positif dan juga perubahan negatif yang terjadi pada objek ataupun bidang tertentu. Tetapi sebelum adanya perubahan sebagai hasil dari kreativitas, ada suatu kemampuan yang ada pada pola pikir manusia yang mana dapat menentukan sebuah perubahan itu akan menjadi cukup baik, baik,  ataupun sangat baik, dan kemampuan itu lebih menitikberatkan pada implementasinya, ialah yang dimaksud dengan inovasi. Pandangan pola pikir yang mengacu pada inovasi disebut pola pikir yang inovatif.
Lantas kita sering membaca surat kabar, majalah, dan surat kabar lainnya  dimana banyak sekali berita tentang orang yang menjadi sukses karena perubahan-perubahan yang dilakukan berdasarkan kemampuannya menciptakan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Salah satu orang yang telah melakukan itu adalah penemu situs sosial media Twitter, Jack Dorsey. Berawal dari keprihatinannya dalam menggunakan sosial media yang digunakannya saat itu, yaitu Yahoo Messenger, Dorsey mempunyai ide untuk membuat sebuah sosial media baru dimana semua orang yang bergabung di dalamnya dapat berbagi status dengan lebih mudah. Berbekal kemampuannya dalam bidang software dan web, ia bersama kedua temannya bekerjasama membuat sosial media Twitter, walaupun butuh waktu 5 tahun lamanya hingga Twitter dapat diluncurkan dan dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Sekarang Twitter telah menjadi sosial media terpopuler kedua di bawah Facebook dan mengalahkan Yahoo Messenger, sosial media yang digunakannya dulu. Twitter terlahir berkat ide kreatif dan inovatif dari Dorsey yang ingin perubahan yang bernilai “lebih”. Masih banyak lagi kisah sukses seseorang karena pola pikirnya yang kreatif serta diimplementasikannya secara inovatif sehingga menghasilkan perubahan yang bermutu, selain berguna bagi dirinya pada khususnya, pemikirannya telah membantu banyak orang disekitarnya.
Jadi, banyak sekali manfaat dari adanya perubahan-perubahan yang dalam hal ini adalah perubahan yang positif dalam kehidupan kita sehari-hari. Tetapi semuanya tidak terlepas dari daya pikir kita yang inovatif dan juga kreatif. Bicara tentang kreatif dan inovatif, keduanya berjalan bersamaan tetapi ada pembeda diantara keduanya sehingga seolah-olah ada dinding pembatas, sehingga mereka tidak dapat saling bercampur satu sama lain. Hubungannya adalah inovatif itu berawal dari adanya kreativitas, jadi bila ingin menghasilkan perubahan yang baik, kita perlu mengoptimalkan keinginan pada diri kita untuk melatih diri untuk menjadi seorang yang kreatif dahulu, sehingga tahap berikutnya yang secara sengaja akan muncul adalah pola pikir kita yang inovatif, yang akan membantu kita agar perubahan yang kita inginkan dapat tercipta dan sesuai dengan harapan. Bila anda merasa berpikir kreatif itu sulit, tenang memang pada dasarnya kita telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kemampuan ini, tinggal kemauan dari diri kita, bahkan kemampuan untuk berpikir kreatif sendiri tidak dapat diukur dengan nilai IQ (Intelligence Quotient) yang kita miliki. Seorang Albert Einstein pun berkata bahwa imajinasi lebih baik dibanding kecerdasan. Imajinasi berkait dengan kreativitas, Oleh sebab itu mari kita tingkatkan kreativitas!

DAFTAR PUSTAKA
Rahman, Abdul. (2004). Psikologi Suatu Pengantar : Dalam Perspektif Islam.      Jakarta: Predana Media.
Aku ingin sukses, ‘7 Kebiasaan Orang yang Inovatif ‘,Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi, dan Pengembangan Diri, 08 Agustus 2013,< http://www.akuinginsukses.com/7-kebiasaan-orang-yang-inovatif//> [diakses 17 Januari 2014 pukul 06.30 WIB]



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Good Day -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -